Penyebab Jodoh sulit Datang

Jodoh tidak kunjung datang? Kenapa? Demikian salah satu tema yang menjadi ulasan pokok Berita Islami Masa Kini Trans TV di mana kita coba untuk mengulas dan membahasnya lebih dalam menggunakan teks, bukan video.

Jika Anda merasa bahwa jodoh Anda lama dan tidak kunjung datang, artikel ini bisa menjadi rujukan, panduan, atau bahkan oase yang menyejukkan karena membahas secara lengkap mengenai penyebab dan faktor jodoh tidak kunjung datang, hingga mengulas hal-hal yang harus dilakukan menurut ajaran syariat Islam.

Jodoh adalah takdir yang dirahasiakan oleh Allah. Ada sebagian orang yang cepat mendapatkan jodoh, dan pula sebaliknya ada yang sulit mendapatkan jodoh. Semua tergantung dari kehendak Allah dan juga bergantung seberapa ikhtiar dan usaha kita untuk mencari jodoh.

Penyebab jodoh sulit datang

Menurut redaksi Berita Islami Masa Kini Trans 7, ada beberapa sebab, alasan, dan faktor sulit mendapatkan jodoh, antara lain sebagai berikut:


·                     Terlena dengan anggapan bahwa jodoh tidak akan ke mana, tapi ingat bahwa Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum apabila ia tidak merubah dirinya sendiri. Dengan prinsip ini, manusia senantiasa dituntut untuk selalu berusaha dan Allah yang menentukan.
·                     Terlalu sibuk dengan karier sehingga kekasih bukan menjadi prioritas utama lagi
·                     Terlalu idealis dalam menentukan pasangan hidup. Menurut redaksi Berita Islami Masa Kini, terlalu idealis dalam menentukan jodoh menjadi penghambat sulitnya mencari jodoh. Namun, redaksi IslamCendekia.Com justru sepakat dengan sikap idealis mengingat Rasulullah Muhammad Saw juga mengharuskan untuk memilih jodoh yang baik hatinya, rupanya, kualitas hingga riwayat keluarganya. Karena itu, perbaiki sikap,kepribadian dan kualitas kita untuk mendapatkan jodoh yang sesuai dengan apa yang kita harapkan
·                     Trauma masa lalu bisa mejadi hambatan karena kisah cinta menyakitkan yang meninggalkan perih dan susah untuk mengobatinya.

Maka jika jodoh kita sulit, lalu apa yang harus kita lakukan sesuai dalam Islam? Apakah ada doa khusus untuk mencari jodoh agar cepat datang? Berikut ini solusi jodoh sulit menurut Islam.

·                     Berupaya dan bersabar
 Sabar adalah kunci untuk menaklukkan keadaan. "Mintalah pertolongan (maksudnya kepada Allah) dengan cara sabar dan sholat." Hal ini dijelaskan dalam QS Al Baqarah 153.
·                     Mengembalikan segala urusan hidup hanya kepada Allah, bukan yang lain
 Dan apabila hamba-Ku bertanya tentang Aku, katakanlah bahwa Aku sangat dekat. Aku akan mengabulkan doa orang yang meminta kepada-Ku apabila ia berdoa kepada-Ku." (QS Al Baqarah 186)"
·                     Prasangka baik dan tawakal karena Allah sebaik-baik pembuat rencana

Kalau sudah berupaya dan ikhtiar sekuat tenaga, tapi jodoh tak kunjung datang, apa penyebabnya?

·                     Terdapat hikmah dari sebuah penundaan jodoh
·                     Lebih menghargai saat jodoh datang
·                     Allah ingin memberikan jodoh yang lebih tepat dan tentu terbaik untuk kita
·                     Allah memberikan skenario sehingga kita menjadi pribadi yang lebih matang dan siap


Demikian informasi seputar jodoh yang tidak kunjung datang dari Berita Islami Masa Kini Trans 7. Allah maha tahu dari apa yang tidak diketahui oleh hamba-Nya. Oleh karena itu, apa yang ditetapkan Allah kepada kita adalah apa yang terbaik.

Kalau jodoh dekat dengan kita, berarti itu yang terbaik. Sebaliknya, apabila jodoh jauh atau tidak kunjung datang, hal itu juga terbaik untuk kita. Yang jelas, kita harus tawakal, sabar, selalu berusaha, berserah diri, dan memohon kepada Allah. (IslamCendekia.Com/ Teks dan foto: Lismanto)

No comments:

Post a Comment