10
Cara agar Pekerjaan Rumah Tangga Selesai Tepat Waktu
Menjalani profesi sebagai ibu rumah tangga memang tidak
mudah. Pekerjaan rumah tangga memiliki alokasi waktu 24 jam. Pasalnya,
datangnya tugas tersebut kerap datang tiba-tiba atau terjadi pada waktu-waktu
tertentu. Misalnya mencuci baju, mencuci piring, membersihkan rumah, dan
sebagainya.
Beberapa pekerjaan tersebut bisa dikenali kapan biasa
muncul. Namun, kadang kala pekerjaan rumah tangga datang tidak terduga.
Contohnya, bila ada keluarga atau teman datang berombongan, bisa dipastikan
tugas mencuci peralatan makan akan menggunung.
Penting bagi ibu rumah tangga untuk menyelesaikan dengan
tepat. Ketika ada satu pekerjaan tertunda, mungkin berefek pada munculnya
masalah lain. Kalau telat mencuci dan menyetrika baju, bisa jadi suami akan
telat berangkat ke kantor gara-gara seragam belum siap. Nah, untuk menyiasati
agar pekerjaan rumah selesai pada waktunya, berikut ini ada beberapa tips yang
dikutip dari QuickEasyFit:
1.
Buatlah daftar pekerjaan
yang akan dilakukan. Daftar ini membantu Anda untuk menyelesaikan semua
pekerjaan tanpa ada yang terlewatkan. Selain itu, Anda bisa membuat skala
prioritas yang mesti dikerjakan lebih dulu dengan daftar ini.
2.
Jangan tunda pekerjaan.
Penyakit malas hanya akan membuat pekerjaan rymah terlihat menggunung. Bisanya
kalau pekerjaan terlalu banyak, Anda justru merasa patah semangat dalam
menyelesaikannya.
3.
Pastikan semua daftar
pekerjaan dalam jangkauan Anda. Artinya, dengan banyaknya pekerjaan itu, Anda
mesti mampu membagi waktu yang ada dengan memperkirakan lama waktu yang
diperlukan. Jangan sampai karena terlalu banyak daftar pekerjaan, Anda malah
pontang-panting menangani pekerjaan. Pastikan pula, fisik Anda bisa berkompromi
dengan banyak tugas itu. Jika capek, beristirahatlah dulu.
4.
Agar tidak ada yang
terlewat, manfaat fitur pengingat, to-do-list, atau timer di ponsel Anda.
Dengan begitu, saat Anda terlupa dengan daftar pekerjaan yang hendak dilakukan,
gadget Anda akan mengingatkannya. Bisa juga Anda pakai fitur serupa yang ada di
PC, tablet, laptop, atau gadget yang lain.
5.
Bagilah tugas-tugas itu
menjadi tugas harian dan insidental. Efeknya, Anda akan memahami pekerjaan
rumah tangga harian yang mesti diselesaikan. Sesuaikan waktunya menurut
kenyamanan Anda.
6.
Saat terlalu overload beban
kerja Anda, jangan sungkan meminta bantuan orang lain. Melibatkan suami dalam
pekerjaan rumah tangga adalah hal yang baik.
7.
Jangan remehkan kebutuhan
tidur yang cukup. Tidur akan mengembalikan kebugaran dan meningkatkan
konsentrasi Anda. Tubuh juga akan terjaga dari rasa malas.
8.
Jika sudah merasa capek
atau stres dengan pekerjaan rumah, perlu bagi Anda meluangkan waktu untuk
rileksasi. Anda bisa berlibur bersama suami, nonton bioskop, atau melakukan
pekerjaan apa pun yang disukai.
9.
Terkait dokumentasi, simpan
surat atau tagihan penting dalam tempat khusus. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan,
Anda lebih mudah mencari.
10.
Hindari untuk terbujuk
ajakan pergi dengan teman atau keluarga yang kurang penting ketika pekerjaan
rumah masih menumpuk. Pergi keluar seringkali menjadi jalan menunda pekerjaan.
No comments:
Post a Comment