Mengatasi Kecanduan Nonton Film Kartun Pada Anak


Mengatasi Kecanduan Nonton Film Kartun Pada Anak

Bunda, seringkali kita tida
k mampu berbuat banyak ketika si Kecil tidak bisa melepaskan diri di depan televisi untuk menoton kartun. Hal seperti ini sering kali ditemukan di keluarga yang sibuk dengan urusannya masing-masing. Dan pada situs indiastudychannel.com, menjelaskan bahwa orangtua lebih memilih menyerahkan anak pada layar kaca.
Permasalahanya terlalu berlebihan menonton film kartun juga tidak baik untuk si Kecil. Tapi jangan khawatir bunda, berdasarkan pengalaman pribadi saya ada beberapa cara untuk mengatasi si Kecil kecanduan menonton kartun, diantaranya:
1. Tentukan Waktu
Seorang anak sebaiknya boleh diperkenalkan untuk melihat tv setelah berusia dua tahun. Penelitian mengungkapkan, anak dibawah usia dua tahun yang telah diperkenalkan untuk menonton tv cenderung akan mengalami gangguan psikologis.
2. Alihkan Perhatian
Bermain di luar dapat menjadi cara untuk mengalihkan perhatian si Kecil, ini adalah cara paling jitu untuk menghidarkan anak dari kecanduan kartun di depan televisi. Karena anak akan merasa tidak dipaksa, tapi dengan sendirinya tetap senang walau tanpa nonton film kartun.
3. Jangan Beri Privasi
Mempatkan tv di ruang keluarga dan bukan di kamar si kecil. Dengan begitu, Bunda dapat terus memperhatikan jadwal menonton si Kecil.
4. Beri Peraturan
Beri aturan yang jelas kapan si kecil dapat menonton televisi. Jika Anda bekerja, beri arahan kepada pengasuh untuk melakukan peraturan tersebut kepada si kecil. Jika melanggar, beri hukuman ringan supaya si Kecil jera juga tidak apa kok.
5. Pilih Tontonan Lain
Memilih DVD dan VCD adalah cara lain mengalihkan si kecil dari
film kartun Pilihlah lagu-lagu anak. Jangan lupa ajak si kecil saat membelinya agar mereka dapat memilih sesuia kesukaan mereka.
Pada dasarnya film kartun memiliki tingkat khayalan yang sangat tinggi, dan itulah yang sebenarnya dibutuhkan oleh si anak. Otak mereka akan berkembang dengan seiiringnya waktu. Namun jangan terlalu berlebihan.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi bunda bunda semua.

No comments:

Post a Comment