Hukum Qurban

Qurban adalah kegiatan menyembelih hewan qurban yang dilakukan setelah pelaksanaan sholat idul adha. Berqurban merupakan wujud rasa syukur yang ditunjukkan seluruh umat muslim kepada Allah atas segala karunia dan nikmat yang telah diberikan. Mungkin masih banyak yang bingung, apa sebenarnya hukum qurban itu. Apakah wajib atau sunnah? Ada beberapa ulama yang berpendapat bahwa hukum qurban dalam islam itu wajib bagi yang memiliki kelapangan harta dan cukup rezeki untuk melakukannya dan bagi umat muslim yang kurang mampu maka gugurlah kewajiban tersebut. Qurban termasuk salah satu ibadah sunah yang tidak boleh ditinggalkan, karena Allah sangat mencintai hambanya yang mau menghabiskan sebagian hartanya untuk kepentingan ibadah.

Hukum Qurban dalam Islam

Hukum Qurban, Wajib atau Sunnah?
Hukum qurban idul adha mungkin memang masih diperdebatkan apakah sudah wajib atau masih sunnah, namun sudah seharusnya kita sebagai umat muslim terutama yang memilki kelebihan dari segi materi menyisihkan sebagian harta kita untuk berqurban. Karena sesungguhnya banyak sekali manfaat dari berqurban yang bisa dirasakan oleh umatnya baik di dunia maupun di akhirat nanti. Qurban dapat menutup segala amalan buruk yang pernah Anda perbuat, khususnya untuk umat muslim yang rajin melakukannya. Tidak hanya itu, qurban juga dapat mempererat tali silaturahmi antar umat muslim. Dengan melakukan ritual qurban mulai dari membeli, menyembelih dan membagikan daging qurban, kita telah meningkatkan solidaritas antar umat muslim.

Dengan berqurban kita juga dapat menabung bekal pahala untuk di akhirat nanti, karena malaikat akan mencatat segala amal baik yang kita lakukan. Tidak akan merugi umat muslim yang selalu berqurban setiap tahunnya, apapun hukum qurban dalam islam. Karena islam mengajarkan kita sebagai umatnya untuk selalu menjalankan amanah dan perintah Nya. Untuk Anda yang ingin berqurban sekaligus menyalurkan sebagian daging qurban kepada yang lebih membutuhkan, globalqurban.com siap melayani Anda. Berqurban jauh lebih mudah secara online, karena Anda bisa memesan hewan qurban kapanpun dan dimanapun Anda berada. Tidak ada lagi alasan untuk tidak berqurban, karena sekarang sudah diberikan kemudahan dalam melakukannya.

Hukum qurban dalam islam seharusnya memang diwajibkan bagi umat muslim yang dirasa mampu dalam segi materi. Karena rezeki itu berasal dari Allah dan akan kembali pada Allah. Jika Anda sbagai umat muslim sudah berhasil menggunakan dan mengamalkannya dengan baik, maka harta yang Anda gunakan tersebut akan menjadi tabungan amal Anda di akhirat nanti. Sebelum berqurban ada baiknya Anda mengetahui apa saja persyaratan yang harus dipenuhi agar qurban Anda sah di mata Allah. Hewan yang akan Anda kurbankan harus terbebas dari segala cacat yang terlihat oleh mata. Harus sehat dan tidak boleh ada penyakit. Karena dalam islam, dilarang untuk membunuh hewan atau binatang yang sedang sakit. Hukum qurban idul adha wajib dilaksanakan sesaat setelah pelaksanaan sholat idul adha. Karena jika dilaksanakan sebelum atau berjarak jauh dari selesainya sholat idul adha, qurban tidak akan sah di mata Allah.

Hukum Qurban Idul Adha


Persyaratan Yang Harus Dipenuhi Sebelum Berqurban
Berqurban sebenarnya sangat mudah dan cara-caranya juga sederhana. Sebelum membeli ada baiknya Anda memeriksa terlebih dahulu segala kondisinya, apakah benar-benar sudah memenuhi persyaratan apa belum. Lalu, sebaiknya jika ingin membeli hewan qurban jangan menjelang perayaan idul adha, karena stok hewan qurban yang cepat habis atau semakin mahal. Carilah jauh-jauh hari sebelum idul adha tiba, jadi Anda memiliki waktu untuk memilih, menabung dan memesan hewan tersebut. Dengan globalqurban.com Anda tidak perlu khawatir karena kualitas hewan qurbannya hampir semuanya terjamin dan terpercaya, harganya juga sangat terjangkau. Cara pembeliannya juga mudah, Anda tinggal mengunjungi websitenya, memilih hewan qurban yang seperti apa yang Anda inginkan dan transfer untuk pembayaran. Setelah qurban dilaksanakan, daging qurban akan sesegera mungkin disumbangkan ke daerah-daerah di pelosok dunia yang lebih membutuhkan.

Memang melakukan ibadah itu harus sesuai syariat islam, jika memang hukum qurban idul adha hukumnya sunah, tidak wajib, maka bagi Anda yang kurang mampu atau biayanya pas pasan tidak perlu dipaksakan untuk melakukannya. Setidaknya Allah sudah mengetahui niat Anda yang tulus ingin berqurban dan mennyumbangkan sebagian dagingnya untuk rakyat miskin. Insha Allah saat Allah memberikan rezeki lebih Anda bisa melakukannya. Karena itu globalqurban.com hadir, dengan harga yang sangat terjangkau memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin berqurban berapapun biayanya. Bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap, siap melayani Anda yang ingin membantu rakyat miskin. Berqurban diyakini dapat mencegah kita dari sifat-sifat yang buruk dan merugikan, seperti sifat tamak, iri hati dan dengki. Karena dengan berqurban kita telah sadar bahwa kita di mata Allah sama, tidak ada kaya dan miskin.

Bisa jadi Allah memberikan rezeki kepada orang lain melalui diri kita. Tetaplah rendah di hadapan Allah SWT, karena sesungguhnya orang yang merendah di hadapan Allah nantinya di akhirat akan ditinggikan derajatnya. Hukum qurban dalam islam baik sunah maupun wajib menurut pendapat para ulama, sebaiknya dilaksanakan terutama bagi umat muslim yang mampu. Tidak ada ruginya, tidak akan menjadi miskin hanya karena berqurban. Justru Allah akan semakin melancarkan rezekinya kepada Anda dan insha Allah rezeki Anda selalu berkah. Ingat, diluar sana masih banyak orang kurang mampu yang ingin sekali mencicipi daging qurban. Mereka adalah saudara-saudara kita sesama muslim, yang sudah seharusnya kita bantu. Bahagiakan mereka dengan berqurban. Ayo berqurban dan sumbangkan dagingnya kepada mereka.

No comments:

Post a Comment