TANGGUNG JAWAB PNS

Tanggung Jawab Besar PNS

 

Tanggung jawab PNS

Tidak ada yang salah dengan menjadi seorang Pegawai Pemerintah. Yang salah adalah, ketika amanah yang diberikan dan dipercayakan padanya, tidak dilaksanakan dengan baik. Amanah itu terabaikan atau lebih tepatnya segaja diabaikan. Dan itu berlaku untuk setiap profesi pekerjaan. Tidak hanya PNS bukan ?
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. bersabda, “Jika amanah diabaikan maka tunggulah kiamat.”

Bayangin saja, KIAMAT !! ngeri gak tu. So, amanah itu bukan masalah sepele.
ada satu riwayat. Salah seorang Sahabat bertanya, “Bagaimanakah amanah itu disia-siakan, wahai Rasulullah?” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam  menjawab, “Jika suatu urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah kehancuran.” (Al-Bukhari).

Amanah menjadi point yang paling penting dalam kehidupan ini. Konsekuensi dari mengabaikan amanah, ditanggung masing-masing individu. Jika dalam lingkup yang kecil seperti di lingkungan kerja kita, semua bekerja dengan amanah, situasi dan kondisi kerja akan menjadi menjadi kondusif yang memungkinkan seluruh sumber daya insani lebih produktif dan termotivasi untuk memberikan kepada institusi ini karya yang terbaik.

 “Kenapa Banyak Orang Ingin Jadi PNS ??” Inilah pertanyaan yang belum ku temukan.menurut mbah google Dari sekian banyak alasan yang ada, berikut alasan di bawah ini yang paling banyak di ekspos.


- Aman dan Nyaman, karena kalau di swasta katanya nanti bisa nggak dipakai orang lagi, dipecat, dlsb. Motivasi ini jelas bibit dari sifat PGPS (pinter goblok pendapatan sama). Kalau jadi PNS aman, gak bakalan dipecat mau segoblok apa juga. Mau kerja rajin, mau kerja malas, mau kreatif atau dongok, tetap aman dah.

- Pensiun, ini cukup make sense dan manusiawi, tapi apa mereka tidak tahu bahwa perusahaan2 swasta pun banyak yang memiliki program dana pensiun, dan kenapa tidak setinggi itu animo untuk bekerja di swasta? mungkin kembali ke poin di atas.

- Mau jadi kaya, nah ini nih… jarang diungkapkan, tapi kalau mau disurvey secara jujur inilah motivasi utama mayoritas orang yang mau jadi PNS.

- Kebanggaan, hmm… mungkin juga, meskipun saya gak tahu di mana harus bangganya. Memang ada beberapa profesi yang membanggakan atau menurut saya mereka patut bangga dengan itu seperti peneliti ilmiah, dosen, guru (salut untuk yang ini) atau profesi2 yang memang membutuhkan kompetensi tinggi, untuk profesi-profesi seperti ini tentunya tidak berlaku “if I am just a little bit dumber, then I will be a PNS”.

Sahabat semua, tentunya gak semua sodara-sodara kita yang PNS itu sedemikian ‘memprihatinkan’. Saya yakin, diantara mereka tentu ada yang memiliki jiwa-jiwa professional, berdedikasi tinggi, memiliki komitmen, jujur dan bersahaja. dan kalau Anda yang membaca tulisan ini seorang PNS, saya harap Anda salah satunya , Amin….

Semoga artikel ini bermanfaat, dan menjadi acuan bahwa menjadi seorang PNS mempunyai amanah yang besar, jangan sampai seumur hidup kita bekerja sebagai PNS tetapi tidak mendapatkan keberkahan dari pekerjaan kita. Dan jangan lupa untuk menyisihkan sebagian harta kita untuk yang berhak, karena tidak semua yang kita terima adalah hak kita. Jangan lupa Zakat dan shodaqoh….


No comments:

Post a Comment