TIPS SUKSES MENJADI ORANG TUA

TIPS SUKSES MENJADI ORANG TUA

Bagi orang tua, menjadi super di hadapan anaknya adalah hal yang selalu diharapkan. Namun, terkadang sebagian orang tua menerapkan cara yang salah untuk mencapainya. Bukan citra yang baik yang didapat, tapi justru jarak dan ketidakharmonisan yang tercipta. Untuk itu bagi orang tua, pandai-pandailah dalam memilih cara mendidik anak.
Bagaimana menjadi orang tua yang sukses dalam mendidik anak? Berikut ini tipsnya:
  1. Bantu anak bangkit. Berapapun usianya, anak tetaplah buah hati yang Anda ingin terus lindungi. Terkadang, hal-hal buruk menimpa mereka tanpa bisa Anda cegah. Saat itu terjadi, bantulah mereka untuk bangkit. Hindari menghakiminya. Jauhi kalimat, “Benar, kan, kata orang tua!” Sebaliknya, siapkan bahu Anda untuknya bersandar, menangis melepas kesedihan.
  2. Prioritaskan kebutuhannya. Begitu Anda menjadi orang tua, singkirkan ego pribadi. Sekarang, semuanya tentang anak. orang tua yang baik akan menempatkan kebutuhan anaknya sebagai prioritas.
  3. Limpahi mereka dengan kasih sayang. Pada anak yang lebih muda, kata-kata sayang akan kurang terasa kesannya. Tunjukkan perasaan Anda dengan menikmati waktu bersamanya, memeluknya, bermain, atau sekadar ada di sisinya.
  4. Luangkan waktu khusus untuk berinteraksi dengan anak. Anak tidak memerlukan hadiah nan mahal atau uang. Mereka ingin mengisi waktu dengan hubungan yang berkualitas dengan orang tuanya.
  5. Nikmati kehidupan Anda. Ketika Anda bahagia, rasa gembira akan terlihat membekas pada perilaku Anda dan itu menyenangkan buat anak. Jadi, jangan lupa sisihkan waktu untuk diri sendiri.
  6. Imbangi keriangan dengan peraturan. Ini akan membantu anak belajar cara berperilaku yang baik.
  7. Cobalah berlaku fleksibel. Terkadang, pekerjaan dan komitmen lainnya membuat kehidupan menjadi timpang sebelah. Kehidupan keluarga sedikit terbengkalai karenanya. Sesibuk apapun Anda, pastikan anak mengetahui orang tuanya akan ada bersamanya ketika ia membutuhkannya.


Semoga tulisan di atas berguna bagi kita para orang tua.Selamat mencoba....




No comments:

Post a Comment